FAKTORISASI SUKU ALJABAR

Faktorisasi Suku Aljabar

FAKTORISASI SUKU ALJABAR
Teman pastinya sekarang sudah naik ke kelas 8 SMP, selamat yaa :-)
Eh dan juga matematika itu gak sulit juga loh, mengapa saya berkata seperti itu?
Karena memang sudah terbukti bahwa materi matematika itu hampir sama saja topiknya dari SD trus ke SMP trus ke SMA dan terakhir ke Universitas deh, yang membedakan cuma tingkat kedalamannya saja.
Buktinya untuk materi kali ini, yaitu faktorisasi suku aljabar.
Kan kemarin pas di kelas 7 SMP kita juga sudah membicarakan topik faktorisasi, yang beda sekarang cuma objek yang akan difaktorkan.
faktorisasi kelas 7 untuk memfaktorkan bilangan bulat tapi sekarang teman-teman akan disuruh untuk membuat faktorisasi suku aljabar. Gitu deh..:-D
"Bab ini memuat materi mengenai operasi tambah, kurang, kali, bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar; cara menentukan faktor pada suku aljabar; serta cara menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya."
OK deh ini dia yang ingin kita bicarakan:
  • Faktorisasi suku aljabar
  • Faktorisasi bentuk aljabar
  • Operasi pecahan bentuk aljabar
  • Koefisien, variabel, konstanta, dan suku.
Segituh saja kok faktorisasi suku aljabar mudah kan?? ;-)
Tapi jangan dianggap remeh juga loh. Hehe..
Dan ini dia sedikit rangkuman tentang materi faktorisasi suku aljabar kali ini:
  1. Suku-suku sejenis adalah suku yang memiliki variabel dan pangkat dari masing-masing variabel yang sama.
  2. Operasi penjumlahan dan pengurangan pada bentuk aljabar dapat diselesaikan dengan memanfaatkan sifat komutatif, asosiatif, dan distributif dengan memerhatikan suku-suku yang sejenis.
  3. Pemfaktoran atau faktorisasi bentuk aljabar adalah menyatakan bentuk penjumlahan menjadi suatu bentuk perkalian dari bentuk aljabar tersebut.
  4. Untuk menyederhanakan pecahan aljabar dapat dilakukan dengan memfaktorkan pembilang dan penyebutnya terlebih dahulu, kemudian dibagi dengan faktor sekutu dari pembilang dan penyebut tersebut.
Kok dikit doang yah rangkumannya?
Saya juga bingung nih mau nulis apa lagi, lagian hanya itu doang sih rangkuman faktorisasi suku aljabar nya. ;-D
Ok deh sampai disi saja materi faktorisasi suku aljabar kali ini, ingat loh ini hanya perkenalan doang. materi selanjutnya ada di blog-blog kami lainnya. Semangat ^_^
Salam ceria dari kami "Solusi Soal Matematika" :-)
Muhammad Sonhaji